Cara Mengganti Icon Drive Komputer

 

Cara mengganti icon drive komputer. Ketika kita menjelajah dengan Windows Explorer, kita akan melihat setiap drive yang ada di komputer kita ditandai dengan gambar / icon default berupa kotak kecil seperti gambar disk drive. Jika merasa bosan dengan icon tersebut, kita dapat mengganti icon tersebut dengan gambar yang kita kehendaki, misalnya gambar photo kita atau photo orang yang kita sayangi. Jika tertarik, silakan ikuti tipsnya bersama Tips dan Trik Komputer berikut ini.

Berikut langkah-langkah mengganti icon drive tersebut.

Pertama, siapkan file icon yang kita inginkan. Untuk percobaan, kita dapat mencari file icon yang ada di computer kita dengan menggunakan fasilitas “search” kemudian ketikkan *.ico pada “all or part of the file name”. Atau jika menginginkan, kita dapat membuatnya sendiri dengan aplikasi pengolah gambar kemudian kita convert dengan aplikasi favicon generator bahkan sekarang ini, banyak layanan favicon generator online yang dapat kita temukan di internet.

Kedua, copy file icon tersebut pada salah satu drive yang akan kita ganti iconnya. Jika bermaksud mengganti semua icon drive lakukan pengcopyan icon pada semua drive yang ada. Jika menginginkan setiap drive mempunyai icon yang berbeda maka kita harus mengcopy file icon yang berbeda-beda untuk setiap drivenya.

Ketiga, buka notepad dengan cara klik [Start]>>[All Programs]>>[Accessories]>>[Notepad] sehingga akan terbuka jendela notepad. Kemudian ketikkan perintah dengan format seperti di bawah ini.

[autorun]

icon=file_icon

 

Keempat, kemudian gantilah file_icon dengan nama file icon yang telah kita simpan (letakkan) pada drive komputer.

Contoh :

Jika nama file iconnya adalah photorec.ico maka perintahnya menjadi seperti di bawah ini.

[autorun]

icon=photorec.ico

 

Kelima, simpan perintah yang sudah kita ketikkkan tersebut dengan nama autorun.inf dan letakkan pada masing-masing drive.

Keenam, ulangi langkah-langkah tersebut pada setiap drive. Misalkan kita menginginkan icon yang berbeda untuk setiap drivenya maka perintahnya harus disesuaikan dengan nama file icon yang dimaksud.

Ketujuh, restart computer dan pastikan icon drive masing-masing drive telah berubah sesuai yang kita inginkan.

Contoh hasilnya dapat kita lihat seperti screenshot di bawah ini.

Catatan :

Pastikan pada setiap drive terdapat file icon dan juga file autorun.inf.

(sumber : Rieky Lesmana Blog)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: